(021) 536 73030 recruit@ace.co.id Jl. Panjang No 9C, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

Salah satu hal utama yang menunjang performa dalam bekerja adalah konsentrasi. Konsentrasi menjadi kekuatan untuk menyelesaikan tugas secara efisien, akurat, dan hasil yang memuaskan. Selain itu orang dengan konsentrasi yang baik juga memiliki kemampuan memecahkan permasalahan sulit.

 

Karena itu siapapun yang menurun daya konsentrasinya akan terganggu juga performa dan produktivitas kerjanya. Namun jangan khawatir, ada tiga strategi untuk menjadi pribadi yang sangat efektif, mampu bekerja di bawah tekanan, dan menghasilkan kinerja kerja yang cepat dan memuaskan.

 

1. Hindari komputer pada satu jam pertama setelah dan sebelum tidur
Komputer, tablet, notebook, dan ponsel adalah hidup kita, dan telah terbukti secara ilmiah bisa menyebabkan adiksi. Nah, inilah pencuri kemampuan kita untuk berkonsentrasi.

 

Karena itu cukupkanlah waktu anda bersama seluruh perangkat gadget itu dengan menghindarinya satu jam pertama saat bangun tidur. Aturan ini juga berlaku pada malam hari sebelum tidur. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan melakukan perawatan kecantikan sebelum tidur ketimbang menonton televisi, atau mengobrol santai sambil 
 
2. “Work-life balance” 
Mengorbankan kehidupan pribadi untuk pekerjaan akan membuat seorang pekerja menjadi kurang efektif. Hal ini akan meningkatkan kesalahan yang dibuat, waktu lebih lama menyelesaikan tugas, terkukungnya ide-ide baru, dan kesulitan dalam pengambilan keputusan. 

 

Jadi, di tengah jadwal padat Anda, luangkan waktu untuk melakukan satu atau dua kegiatan rutin yang menyenangkan, yang sekaligus dapat membantu mendongkrak kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Salah satunya adalah dengan berolahraga yang berguna bagi peregangan otot, peningkatan energi, pemicu kreativitas, dan peningkatan kesabaran Anda. Semua ini Anda butuhkan untuk bertahan menghadapi tugas serta situasi sulit di kantor.

 

3. “To do list”  
Studi tahun 2008 dari Virginia Tech menemukan bahwa mayoritas orang memisahkan agenda untuk urusan pekerjaan, rumah, atau bisnis. Namun membuat catatan terpisah untuk masing-masing urusan tersebut justru akan mengganggu konsentrasi, menimbulkan kebingungan, dan mengkhawatirkan apa yang mungkin terlewat.

 

Lebih baik, Anda membuat sebuah sistem perencanaan tunggal dari semua tugas dan pertemuan, baik pribadi maupun profesional, untuk memberikan gambaran yang lengkap dari segala sesuatu yang harus Anda lakukan hari ini. Dengan demikian Anda bisa memprioritaskan seluruh tugas sesuai konteks. Bila Anda yakin sudah tidak ada yang terlupa atau berpotensi terabaikan, pikiran Anda bebas untuk fokus setiap saat.

 

Cobalah mendedikasikan dua minggu berikutnya untuk latihan meningkatkan kosentrasi, dan lihat perubahannya pada kinerja Anda.



Back

POST A COMMENT