(021) 536 73030 recruit@ace.co.id Jl. Panjang No 9C, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

Halaman depan surat lamaran kerja adalah hal pertama yang dilihat calon perusahaan saat membuka file Kamu. Agar tak gagal sejak tahap awal, hindari 10 kesalahan yang seharusnya tak ada dalam surat lamaran Kamu. Berikut beberapa yang harus dihindari menurut Kim Isaac, ahli karier dari Monster Resume.

 

TERLALU BANYAK KATA “SAYA”

Ingat, surat lamaran bukanlah autobiografi Kamu. Fokus yang seharusnya ditekankan adalah menjelaskan dirimu sebagaimana yang dibutuhkan calon perusahaan dan bukan cerita terlalu panjang mengenai hidupmu. Hindari persepsi “self centered” (sentris diri sendiri) dengan menghindari terlalu banyak kata “saya” terutama di awal kalimat.

MENGHILANGKAN SELLING POINT SENDIRI

Sebuah surat lamaran adalah selembar surat yang semestinya menjual kemampuan diri kepada calon perusahaan. Sebagaimana resume, surat lamaran seharusnya berisi alasan utamamu harus dipanggil untuk sebuah wawancara. Tekankan prestasi yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. 

Misalnya:

Tawarkn : Lima tahun  pengalaman sebagai public-speaking dan memiliki kemampuan membuat laporan hingga level eksekutif.

Spesifikasi Kebutuhan : Latar belakang kemampuan komputer yang kuat

Tawarkan : Saya memiliki kecakapan dalam mengoperasikan MS Office dan semua aplikasi lain, serta memiliki keahlian pengembangan situs Web dan desain.

MEMBUKA SURAT DENGAN KALIMAT YANG RAGU-RAGU

Ketika menulis surat lamaran, pencari kerja kerap bekerja keras demi sebuah kata-kata pembuka. Kesulitan ini menghasilkan pengenalan diri yang lemah tanpa mampu membuat pembaca (calon perusahaan) tertarik. Misal : Tolong pertimbangkan saya untuk posisi sales representatif yang sedang Anda butuhkan.

SURAT TERLALU PANJANG

Jangan membuat surat lamaran lebih dari satu halaman, ini akan membuat pembaca surat bosan. Sebuah surat lamaran yang baik dibuat ringkas namun menarik sehingga menghormati waktu pembacanya.

 

TIDAK JELAS

Jika Kamu ingin membuat surat lamaran berdasarkan lowongan yang diiklankan, cantumkan jabatan tertentu yang sesuai dalam surat lamaran mu. Pikirkan jika orang yang menyeleksi surat lamaran Kamu mungkin harus membaca ratusan surat lamaran untuk puluhan pekerjaan yang berbeda. Pastikan konten dalam surat Kamu mendukung sebagaimana kebutuhan spesifik calon perusahaan. 

LUPA MENYESUAIKAN

Jika Kamu melamar beberapa posisi yang berbeda, kemungkinan Kamu memerlukan beberapa pembuka surat. Jangan lupa mencermati informasi tentang perusahaan, pekerjaan, informasi kontak. Jangan sampai salah mencantumkan kepala surat yang sesuai dengan badan surat karena Kamu akan membuat perusahaan langsung mencoret Kamu.

 

 

Sekian tips, jangan lupa juga cantumkan pernyataan “terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan” dalam surat lamaranmu. Semoga sukses ;)



Back

POST A COMMENT