(021) 536 73030 recruit@ace.co.id Jl. Panjang No 9C, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

Tak sedikit orang yang berprofesi sebagai karyawan berencana mencoba peluang bisnis sendiri. Namun mengingat kendala dalam hal modal awal usaha, kebanyakan karyawan memilih untuk terlebih dahulu mengumpulkan modal dengan menyisihkan gaji bulanannya.

Mengumpulkan modal awal usaha memang tak mudah. Bila Anda adalah karyawan yang hanya mendapat pendapatan dari gaji bulanan tanpa sampingan, maka butuh waktu lama bagi Anda untuk dapat merealisasikan usaha impian Anda. Apalagi jenis usaha yang Anda harapkan memerlukan modal besar.

Dari itu, karyawan perlu merencanakan beragam upaya untuk mengumpulkan terlebih dahulu modal usaha sendiri dari penghasilan yang disisihkan dari gaji bulanan, diantaranya:

Saving money 10-40 persen dari gaji

Rencana pensiun, resign atau hanya sekedar hasrat membuka peluang usaha sampingan butuh perencanaan. Setelah itu, Anda dapat mulai mendisiplinkan diri untuk mengatur penyisihan gaji setiap bulannya. Bagi Anda yang masih terbebas dari beragam kewajiban-kewajiban hutang piutang, maka 40 persen dari gaji merupakan nilai normal yang perlu Anda tabung. Namun bagi yang sudah berkeluarga, Anda dapat menyisihkan 10 persen dari gaji, kecuali gaji Anda melebihi dari kebutuhan bulanan keluarga.

 

Investasikan pendapatan

Untuk mempercepat pengumpulan modal yang Anda targetkan segera terwujud, ada baiknya Anda menginvestasikan kembali tabungan Anda. Seorang pakar Perencanaan Keuangan Indonesia Lisa Soemarto menyampaikan bahwa mengumpulkan uang idealnya tidak cukup hanya dikumpulkan, namun uang dapat diinvestasikan kembali untuk mendapat hasil sberlipat kali ganda. Meski harus membutuhkan jangka waktu yang bertahun-tahun lamanya. Dari itu, perencanaan usaha, jenis usaha dan target modal usaha harus sudah ada sebelumnya.

 

Kerja sama dengan rekan

Kendati sudah disibukkan dengan pekerjaan kantor, Anda masih tetap berpeluang mencoba peruntungan dengan berbagi usaha bersama rekan. Benar bahwa tujuan Anda adalah menambah tabungan untuk modal usaha. Bila waktu Anda tampaknya terasa ketat, maka Anda dapat hanya sekedar menanam modal dalam usaha tersebut dan selanjutnya buat kesepakatan tentang jumlah hasil yang menjadi bagian Anda.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan seperti Anda untuk mewujudkan usaha impian Anda dengan modal sendiri. Bila Anda tetap gigih, hemat dan disiplin niscahaya rencana Anda akan berjalan dengan lancar. Salam sukses!!



Back

POST A COMMENT