Don’t wish it were easier. Wish you were better.

(021) 536 73030 recruit@ace.co.id Jl. Panjang No 9C, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

Melamar kerja walau tidak mempunyai pengalaman? Anda bisa, kok, sukses melamar kerja meski tanpa pengalaman. Salah satu kuncinya adalah dengan memperbaiki curriculum vitae (CV) Anda sebagus mungkin.

Tetapi, apa saja yang perlu ditulis dalam CV supaya menarik perekrut karyawan? Simak tips berikut ini.

1. Kemampuan yang relevan

Salah satu poin penilaian sebuah CV adalah seberapa relevan pengalaman kerja yang dimiliki seseorang. Nah, jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, masukkan saja berbagai kemampuan yang relevan dengan posisi yang sedang dilamar. Misalnya, Anda ingin melamar sebagai reporter, maka Anda bisa memasukkan kemampuan reportase yang diperoleh saat menjadi wartawan majalah kampus.

2. Proyek akademis

Jangan menganggap pengalaman kerja hanyalah yang bersifat tetap, penuh waktu dan dibayar perusahaan. Pengalaman Anda mengerjakan proyek akademis saat di kampus bisa juga menjadi data dalam CV. Beri penekanan pada kemampuan apa yang Anda gunakan dalam proyek tersebut dan bagaimana kemampuan tersebut relevan dengan posisi yang sedang Anda lamar.

3. Surat lamaran yang antusias dan spesifik

Padukan CV dengan surat lamaran yang menjabarkan antusiasme Anda pada posisi yang Anda inginkan. Cari cara menghubungkan passion dan pengalaman hidup Anda dengan perusahaan kemudian jelaskan bagaimana pengalaman tersebut dapat Anda gunakan untuk memberi kontribusi pada perusahaan.

Jika Anda bermaksud pindah pekerjaan di bidang yang belum pernah Anda masuki, maka Anda perlu mencari sesuatu yang menghubungkan pengalaman kerja Anda di bidang sebelumnya dengan kebutuhan perusahaan dan kemampuan apa saja yang telah Anda bangun selama karier.

  

Semoga berhasil!

 

Sumber: okezone/ace/farly



Back

POST A COMMENT