In the middle of difficulty lies opportunity

(021) 536 73030 recruit@ace.co.id Jl. Panjang No 9C, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530

Menurut data dari Organisation for Economic Co-operation and Development(OECD) dan International Labour Organization (ILO), negara-negara Asia memiliki waktu kerja paling lama dibandingkan dengan yang lainnya. Setiap minggunya, seorang pekerja atau buruh bisa bekerja lebih dari 48 jam. Salah satu negara dengan jam kerja terpanjang adalah Korea. Namun menurut penelitian oleh dua organisasi tersebut, jam kerja yang panjang bukan berarti hasil kerja yang lebih baik, bahkan sebaliknya malah produktivitasnya menurun.

Apakah Anda salah satu orang yang sering kerja lembur atau bahkan kecanduan kerja? Jika Anda ingin membangun dasar yang kuat bagi karir Anda maka hal itu adalah tidak bijak. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa sebaiknya Anda pulang kerja on time atau tepat waktu.

1. Lembur Merusak produktivitas

Salah satu penyebab seseorang harus kerja lembur adalah menunda pekerjaan. Ketika Anda berkata pada diri Anda sendiri, "Ini bisa dikerjakan nanti.." maka Anda sedang berilusi bahwa Anda memiliki waktu tambahan nanti. Hal ini tentu tidakmembuat Anda lebih produktif. Tetapi jika Anda memiliki komitmen untuk pulang pada jam tertentu, maka Anda memiliki batasan waktu dan target yang harus dikejar. Hal ini akan membantu Anda membuat prioritas apa yang harus dikerjakan lebih dahulu dan berapa lama.

 2. Pulang on time membuat Anda lebih disiplin

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, dengan adanya batasan waktu membuat kita harus menentukan prioritas. Pada akhirnya hal tersebut membuat kita lebih menghargai waktu, dan mengatur waktu lebih baik. Hal ini tentu akan membentuk disiplin dalam pola kerja, diharapkan hal tersebut akan menghasilkan produktivitas yang lebih baik.

3. Meningkatkan kualitas kerja

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu untuk merawat diri Anda seperti olahraga secara teratur, menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai, tidur, riliks dan mengembangkan diri atau hobi Anda,  maka dalam jangka panjang hal itu akan berdampak kepada kualitas pekerjaan Anda. Selama Anda bisa menyeimbangkan antara tekanan pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda, hal itu akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Membuat Anda bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik

Ketika Anda memiliki waktu untuk mengembangkan ide-ide Anda, beribadah serta waktu khusus bersama Tuhan dan diperkaya oleh orang-orang yang Anda cintai, sudah pasti Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik secara karakter dan juga memiliki ketenangan jiwa. Alasan inilah yang membuat pribadi Anda akan berkembang dalam segala segi, baik karir, karakter dan juga spiritual.

5. Menjadi pendorong positif bagi tim Anda

Dengan menjadi role model gaya hidup positif dan sehat, maka Anda menjadi daya pendorong bagi seluruh anggota tim Anda untuk menjadi tim yang solid dan produktif. Hal ini akan berkontribusi bagi perusahaan secara signifikan.

Jadi, pastikan bahwa gaya hidup "on time" menjadi budaya kerja dan budaya Anda secara pribadi. Bukan hanya "on time" pulang, namun on time datang dan juga dalam jadwal serta target Anda. Walau terkadang ada waktunya untuk kerja lembur, namun jangan jadikan itu menjadi keseharian Anda.

Sumber : Entrepreneur/Jawaban



Back

POST A COMMENT