Try not to become a man of success, but rather try to become a man of value

Dalam pengembangan diri dan karir, passion (renjana) memegang peranan sangat penting untuk terus menjaga kita tetap antusias dan senang dalam setiap pekerjaan yang kita sukai. Passion bukan hanya sebuah pekerjaan di mana kita bagus dalam mengerjakan itu, namun saat kita mengerjakannya maka kita mengerahkan seluruh "cinta" yang ada dalam diri kita untuk mengerjakan itu.

 

 

1. Terbuka dan Jujur Mengenali Diri Sendiri

Cara paling mudah untuk menemukan passion adalah terbuka dan jujur dalam mengenali diri sendiri. Seringkali kita menganggap sesuatu menjadi passion kita atau tidak hanya dari opini orang lain. Misalnya, Anda sangat suka sekali dengan fotografi, namun karena menurut opini orang profesi fotografer adalah profesi yang kurang ngetop dibanding kedokteran, maka anda mencoba menutupi passion anda sendiri menuruti opini orang lain. Ketidakjujuran inilah yang seringkali menghambat diri kita untuk mengetahui apa sebenarnya passion kita sendiri.

 

2. Ketahui Hal Yang Paling Menarik Hati

Passion bisa berupa hal yang sangat menarik hatimu, sesuatu yang sangat kamu inginkan. Ini bukan hal yang diinginkan orang tuamu, pacarmu, atau teman-temanmu. Passion adalah sesuatu yang benar-benar bisa mengobarkan semangat dalam jiwamu. Ketika Anda melakukannya, Anda merasa bisa mencurahkan segalanya tanpa ragu demi satu hal ini. Mengerjakan hal sesuaipassion membuatmu merasa hidup. Coba jawab pertanyaan pertanyaan berikut: Kegiatan apa yang jika anda kerjakan, maka membuat anda merasa bahwa waktu anda menjadi sangat cepat berlalu? Buku/artikel/blog/situs tentang apa yang sebagian besar anda baca atau miliki? Hal apa yang membuat diri anda bermakna atau menjadi hidup? Apa jawaban anda?

 

3. Bertanya Pada Orang Lain Tentang Dirimu

Tanya pendapat orang dekat tentang diri anda. Bisa saja mereka memberikan masukan atau pandangan positif tentang anda, yang awalnya tidak kita sadari. Dari situ kita bisa mencoba mencerna dan mendalamiya. Bicaralah dengan orang yang sudah menemukan passion mereka. Pelajari tingkah laku dan cari tahu bagaimana mereka membuat transisi dari bekerja untuk sesuatu yang tidak menarik ke mengerjakan sesuatu yang mereka cintai.

 

4. Cari Tahu Kemampuan Terhebatmu

Setiap orang pasti punya kelebihan dan bakat. Memahami kemampuanmu yang paling dominan bisa membantumu menemukan hal yang sebenarnya menjadi passion Anda. Misalnya, Anda adalah karyawan yang sebenarnya punya kemampuan merancang desain kaus. Menanyakan pertanyaan diatas pada diri sendiri bisa membuka matamu, bahwa sebenarnya kamu lebih ahli di bidang desain dibanding bidang lainnya. Terus menggali rasa ingin tahu tentang kemmapuan terkuat yang kamu miliki bisa membantumu menemukan renjana yang selama ini kamu cari.

 

5. Pertimbangkan keinginan & kecintaanmu terhadap suatu bidang

Terkait dengan passion kamu untuk bekerja, pertimbangkanlah banyak faktor, terutama apa yang sebenarnya kamu inginkan dan sukai. Ingat, jangan pernah memilih pekerjaan karena terpengaruh orang lain atau hanya ingin cepat dapat penghasilan. Kamu perlu menganalisis pekerjaan tersebut serta mencocokkan dengan kemampuan diri sendiri. Bila tidak cocok, jangan paksakan diri bekerja di tempat itu.

 

6. Lakukan tes online

Bila kamu masih bingung akan pekerjaan apa yang akan dipilih nantinya, ikutilah tes online yang tersedia. Selain pekerjaan, kamu juga dapat menemukan masalah lain yang membuat kamu tidak nyaman dengan pekerjaan sekarang yang sedang dijalani.

 

Kini kamu sudah tahu passionmu? Percayalah, mengikuti passion itu baik bagi perkembangan diri dan karirmu. Ikuti passionmu segera! Good Luck!

 

Sumber: tloker



Back

POST A COMMENT